Sistem Monitoring Lingkungan (SIMOLIN) - Kota Blitar - Jawa Timur | simolin.blitarkota.go.id




KOTA BLITAR
    Kota Blitar ditargetkan Menuju Smart City 4.0 di tahun 2021. Maka, semua hal yang bersifat publik sudah harus menggunakan teknologi cerdas sebagai tonggak utamanya. Salah satunya adalah Sistem Monitoring Lingkungan (SIMOLIN) - Kota Blitar - Jawa Timur.

    Teknologi dari Sistem Monitoring Lingkungan (SIMOLIN) menggunakan "Internet of Things" (IoT). Salah satu bidang yang sedang digencarkan di Revolusi Industri 4.0. Fungsi utama sistem ini adalah untuk mengambil kebijakan publik yang diperoleh dari hasil analisis data yang tersimpan di Data Center milik pemerintah Kota Blitar.

 Teknologi dari Sistem Monitoring Lingkungan (SIMOLIN) versi full untuk Monitor Komputer menggunakan "Internet of Things" (IoT). Salah satu bidang yang sedang digencarkan di Revolusi Industri 4.0. Fungsi utama sistem ini adalah untuk mengambil kebijakan publik yang diperoleh dari hasil analisis data yang tersimpan di Data Center milik pemerintah Kota Blitar.


    Masyarakat Kota Blitar pada khususnya dan Masyarakat Umum di sekitar Kota Blitar dapat melakukan Monitoring 4 Parameter lingkungan. 4 Parameter tersebut adalah :
1. Suhu
2. Kelembaban
3. Polusi Udara
4. Curah Hujan

    Semua data disimpan pada Data Center milik Pemerintah Kota Blitar. Real Time Update setiap 30 Menit Sekali. Untuk awal sementara ini IoT Node beserta Sensornya dipasang di 2 Tempat, yaitu di PIPP Makam Bung Karno dan di Alun-Alun Kota Blitar

    Sistem ini adalah Kerjasama antara Pemerintah Kota Blitar dengan CV. Indoniaga Technology Corpora.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar