Lampu Tenaga Surya


Lampu tenaga surya adalah lampu yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listriknya. Lampu tenaga surya dilengkapi dengan beberapa komponen agar dapat bekerja secara maksimal, yang terdiri dari lampu LED, sebuah solar panel dan sebuah baterai isi ulang. Lampu tenaga surya dapat digunakan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Penggunaan lampu tenaga surya di luar ruangan biasanya digunakan untuk dekorasi taman. Sedangkan penggunaan di dalam ruangan digunakan untuk penerangan di garasi. 

Lampu Tenaga Surya

    Lampu tenaga surya yang digunakan untuk dekorasi taman dibuat dengan banyak model dan desain serta mengandung unsur seni. Bentuk lampu taman sangat bervariasi ada yang berbentuk seperti hewan atau dengan desain bertema liburan. Lampu taman ini sering digunakan untuk menandai jalan setapak atau daerah sekitar kolam renang.

    Saat siang hari lampu tenaga surya mengisi ulang baterainya yang akan digunakan pada malam hari. Pada saat menjelang malam hari, lampu ini akan secara otomatis menyala dan ada beberapa yang menyala secara manual. Batas waktu menyala sekitar 8 - 10 jam, tergantung berapa banyak sinar matahari yang diperoleh saat siang hari. Lampu tenaga surya memang tidak terlalu terang jika dibandingkan dengan lampu yang menggunakan tenaga listrik. Lampu ini relatif murah, mudah dipasang dan hemat energi.

Cara Kerja Lampu Tenaga Surya

    Lampu LED solar panel akan menyala mulai pukul 6 sore hingga 6 pagi, tergantung terbit dan tenggelamnya matahari pada wilayah tersebut. Untuk menyalakan atau mematikan lampu dapat dilakukan secara otomatis, baik menggunakan sensor cahaya ataupun pengatur waktu. Pengaturan sumber daya lampu dilakukan oleh SCC (Solar Charger Controller). Komponen ini digunakan untuk mengatur proses discharge (energi ke lampu sehingga dapat menyala) dan charge (energi ke baterai dari panel surya). Selama proses ini berjalan dengan lancar, maka lampu dapat berfungsi dengan baik untuk memberikan penerangan.

    Di Indonesia, pengaplikasian lampu tenaga surya didominasi oleh Lampu PJU (Penerangan Jalan Umum), karena penempatannya berada di pinggir jalan. Contoh pengaplikasiannya seperti di jalan raya protokol, sepanjang jalan tol, jalanan kawasan perumahan, kawasan industri, dan fasilitas umum lainnya. Tidak hanya itu, aplikasi lampu tenaga surya juga dapat digunakan untuk daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan listrik PLN, serta jika ingin melakukan efisiensi energi di rumah. Lampu tenaga surya bekerja karena efek fotovoltaik. Bagian terpenting dari cahaya matahari yaitu fotovoltaik atau sel surya. Sel surya merupakan bagian yang mengubah sinar matahari menjadi arus listrik.

    Sel surya terdiri dari beberapa lapisan silikon kristal dan bahan kimia yang menciptakan lapisan elektron bermuatan negatif dan ruang bermuatan positif . Ketika sinar matahari melewati sel surya , maka akan membangkitkan elektron-elektron bermuatan negatif dan mendorongnya ke ruang-ruang yang bermuatan positif. Ruang yang bermuatan positif akan mentransfer aliran elektron sebagai arus listrik langsung melalui kabel yang tertanam di dalam sel surya ke baterai di mana listrik disimpan sampai dibutuhkan. Baterai mengisi daya sepanjang hari saat sinar matahari terus dikonversi menjadi listrik.

    Ketika menjelang malam hari, sel surya berhenti mengubah sinar matahari karena melemahkan dan akhirnya menghilang. Sebuah fotoreseptor pada cahaya mendeteksi ketika gelap dan menyalakan lampu , yang biasanya terdiri dari beberapa dioda pemancar cahaya (LED). Kemudian baterai memasok listrik ke lampu sepanjang malam. Proses ini berulang pada siklus harian. Pada siang hari, sinar matahari diubah menjadi energi listrik dan disimpan ke dalam baterai . Pada malam hari, baterai memasok listrik ke cahaya sampai semua habis atau fotoreseptor menutup cahaya dan pada saat siang hari akan muncul kembali.

    Tentu saja, sinar matahari yang cukup diperlukan untuk mengisi daya baterai sepenuhnya. Seharusnya selama musim panas, hal ini tidak menjadi masalah selama lampu ditempatkan di tempat yang dapat menerima sinar matahari langsung. Jika memungkinkan, pastikan tidak ada pohon atau semak-semak yang menciptakan naungan yang dapat mempengaruhi pengisian cahaya matahari .

    Namun selama musim dingin, kemungkinan tidak dapat menerima cukup sinar matahari untuk mengisi daya baterai secukupnya agar tetap menyala sepanjang malam. Hal ini terjadi dikarenakan malam musim dingin lebih panjang dan hari lebih pendek, sehingga lebih sedikit sinar matahari untuk mengisi daya baterai . Selain itu, musim dingin sering membawa salju, yang dapat menghalangi sel surya dan mencegah pengisian pada siang hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar