Macam-macam Perangkat IoT


    Secara sederhana, perangkat IoT digunakan sebagai perangkat yang terhubung satu sama lain melalui jaringan internet sehingga menciptakan ekosistem integrasi bagi penggunanya.

1. Smartwatch

    Smartwatch adalah jam tangan digital yang menawarkan fungsionalitas dan konektivitas  di atas fitur yang ditawarkan oleh jam tangan standar lainnya selain penunjuk waktu. Smartwatch memiliki kemampuan layar sentuh yang dapat dihubungkan ke telepon melalui Bluetooth atau WiFi. 

Smartwatch

Jenis-jenis Smartwatch

1. Smartwatch Fitness Tracker

Fungsi dari Smartwatch ini adalah :

    • Mendeteksi detak jantung.

    • Sebagai tata cara peningkatan kebugaran tubuh

    • Sebagai pengingat

2. Smartwatch Phone

    Smartwatch ini dapat dipasangkan dengan smartphone dan memiliki rangkaian fitur yang dapat berinteraksi dengan fitur ponsel, yakni mencakup :

    • Bluetooth

    • Dapat menampilkan dan membalas pesan

    • Dapat melakukan dan menerima panggilan

    • Notifikasi

    • Dapat memutar musik

2. Smart Lamp

    Salah satu penggunaan smart lamp ini adalah bisa diterapkan di rumah. Perangkat ini menggabungkan lampu dengan sensor. Penggunaan lampu pintar ditujukan untuk mengoptimalkan fungsi pencahayaan pada berbagai jenis ruangan. Smart lamp bisa diatur tingkat kecerahannya hanya dengan melalui akses ponsel, salah satu fitur yang tidak mungkin ada di lampu biasa. Smart lamp bisa digunakan dengan lebih praktis menggunakan aplikasi, sehingga dapat dikendalikan atau diatur dari jarak jauh. Oleh karena itu, akan sangat bermanfaat jika pengguna sedang berada di luar rumah agar penggunaan daya listrik menjadi lebih efisien.

Smart Lamp untuk Smart Home

Kelebihan Smart Lamp

1. Hemat daya dan tahan lama

2. Bisa dikendalikan melalui smartphone

3. Memberikan nilai estetika pada hunia

4. Warna cahaya bisa diubah sesuai keinginan

5. Keamanan yang lebih baik

6. Dapat dikontrol dari jarak jauh

Kekurangan Smart Lamp

1. Daya LED tunggal cenderung rendah

2. Rentang iluminasi cenderung lebih pendek

3. Revivication warna yang kurang baik

4. Harga yang cenderung mahal

Selain itu, Smart lamp juga bisa digunakan untuk smart city. Manfaat penggunaan smart lamp untuk smart city adalah :
 
• Menghemat listrik dan anggaran

• Efisiensi kerja dan kemudahan kontrol

• Tindakan penanggulangan masalah yang lebih baik

• Lebih mudah menyesuaikan daya lampu sesuai kebutuhan
 
Smart Lamp untuk Smart City

3. Smart Fridge

    Smart fridge atau kulkas pintar merupakan kullas berbasis teknologi Internet of Things (IoT) yang dapat menjadi salah satu alternatif mengatasi masalah tidak terpantaunya waktu batas pemanfaatan makanan yang tersimpan di kulkas,serta adanya pola belanja yang tidak berdasarkan kebutuhan dan kapasitas kulkas karena tidak terpantaunya isi kulkas yang sudah ada.

Smart Refrigerator

Manfaat kulkas pintar :

• Dapat mengetahui bahan makanan yang disimpan.

• Dapat mengetahui kadaluarsa bahan makanan.

• Notifikasi bahan makanan yang sudah memasuki kadaluarsa.

• Notifikasi bahan makanan yang sudah habis.

• Rekomendasi pembelian bahan makanan yang sudah habis dan mengetahui banyaknya bahan makanan yang disimpan.

5. Smart Security

    Smart security memungkinkan adanya sistem pengamanan pada suatu rumah selama 24 jam penuh. Seseorang dapat mengintegrasikan CCTV pada rumahnya dengan perangkat smart security yang satu ini. Adanya smart security ini, seseorang tetap dapat mengawasi kondisi rumahnya melalui smartphone saat berada jauh dari rumah. Selain itu, sistem keamanan dari smart security juga secara otomatis akan mengaktifkan alarm saat ada pencurian dan secara otomatis menghubungi pihak keamanan. 

Smart Security

    Keamanan rumah dan kantor adalah yang utama. Oleh karena itu, perangkat smart security diciptakan. Selain CCTV, perangkat smart security yang paling umum adalah kunci rumah yang menggunakan biometrik seperti sidik jari atau kode otentikasi.

    Dengan menggunakan perangkat smart security, diharapkan kasus pembobolan dan kemalingan rumah bisa berkurang. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengatasi beberapa ‘kecelakaan’ kecil seperti kehilangan kunci, akses rumah oleh tamu, dan akses ruangan yang memerlukan otorisasi khusus seperti kamar orang tua.

5. Smart City

    Smart city awalnya diciptakan oleh perusahaan IBM. Sebelumnya berbagai nama sempat dibahas oleh para ahli dunia dengan nama digital city atau Kota Cerdas (smart city). Intinya Smart city ini menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan roda kehidupan menjadi lebih efisien. Versi IBM, Kota Cerdas (smart city) adalah sebuah kota yang instrumennya saling berhubungan dan berfungsi cerdas. Kota Cerdas (smart city) adalah sebuah konsep kota cerdas atau pintar yang membantu masyarakat di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya ataupun mengantisipasi kejadian yang tidak terduga sebelumnya. 

Smart City

    Smart city cenderung mengintegrasikan semua permasalahan kota menjadi satu. Pengintegrasian tersebut mulai dari CCTV, lampu lalu lintas, sampai integrasi sistem transportasi dalam kota. Semuanya bisa diakses langsung melalui smartphone yang terhubung ke internet.

Kota Cerdas (smart city) pada umumnya meliputi:

1. Sebuah kota yang berkinerja dengan baik dan berpandangan ke dalam ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup.

2. Sebuah kota yang dapat mengontrol dan mengintegrasi semua infrastruktur menjadi lebih baik.

3. Smart city dapat menghubungkan infrastuktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur sosial, dan infrastruktur bisnis untuk meningkatkan kecerdasan kota.

4. Smart city membuat kota lebih efektif, efisien dan layak huni.

5. Penggunaan smart computing untuk membuat smart city dan fasilitasnya saling berhubungan serta efisien.   

    Smart city mempunyai 6 dimensi, yaitu Smart Government, Smart Economy, Smart Live, Smart Living, Smart People, dan Smart Mobility. Berikut penjelasan dari 6 dimensi tersebut.

• Ekonomi pintar (inovasi dan persaingan). Semakin tinggi berbagai macam  inovasi baru yang ditingkatkan, maka akan menambah peluang usaha baru dan meningkatkan persaingan pasar usaha atau modal.

• Mobilitas pintar (transportasi dan infrastruktur) bertujuan untuk menyediakan pelayanan transportasi yang cepat, aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat kota. Pengelolaan infrastruktur kota yang dikembangkan di masa mendatang merupakan sebuah sistem pengelolaan terpadu dan diorientasikan untuk menjamin keberpihakan pada kepentingan publik.

• Masyarakat pintar (kreativitas dan modal sosial). Pembangunan senantiasa membutuhkan modal, baik modal ekonomi (economic capital), modal usaha (human capital), maupun modal sosial (social capital). Kemudahan akses modal dan pelatihan-pelatihan bagi UMKM dapat meningkatkan kemampuan keterampilan mereka dalam mengembangkan usahanya. Modal sosial termasuk elemen-elemen seperti kepercayaan, gotong-royong, toleransi, penghargaan, saling memberi dan saling menerima serta kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai mekanisme seperti meningkatnya rasa tanggungjawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kejahatan.

• Lingkungan pintar (keberlanjutan dan sumber daya), lingkungan pintar itu berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak, bagi masyarakat dan publik lingkungan yang bersih tertata, RTH yang stabil merupakan contoh dari penerapan lingkungan pintar.

• Cerdas hidup (kualitas hidup dan kebudayaan), berbudaya berarti bahwa manusia memiliki kualitas hidup yang terukur (budaya). Kualitas hidup tersebut bersifat dinamis, dalam artian selalu berusaha memperbaiki dirinya sendiri. Pencapaian budaya pada manusia, secara langsung maupun tidak langsung merupakan hasil dari pendidikan. Maka kualitas pendidikan yang baik adalah jaminan atas kualitas budaya, dan atau budaya yang berkualitas merupakan hasil dari pendidikan yang berkualitas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar