Arduino UNO R4 Shield Guide


Arduino UNO R4 Minima

Pada artikel kali ini, Arduino Indonesia akan membahas langkah-langkah dasar untuk mengembangkan shield Anda sendiri untuk Arduino UNO R4 Minima dan WiFi UNO R4.


Dimensi

Dimensi UNO

Dimensi berikut berlaku untuk semua papan UNO.

 

Dimensi UNO

Pinout

 

Di bawah ini Anda dapat menemukan pinout untuk Arduino UNO R4 Minima. Semua papan UNO sebagian besar berbagi penempatan banyak pin, untuk memudahkan aksesori dirancang untuk papan UNO yang berbeda, tetapi jika Anda membuat aksesori untuk UNO yang lebih lama, pastikan untuk memeriksa pinout masing-masing.

 

Pinout


Berikut ini kami berikan Video Unboxing dari Arduino UNO R4 Minima. Di bawah ini adalah video dari bentuk fisik dari Arduino UNO versi terbaru, yaitu Arduino UNO R4 Minima :

 

 

Perbandingan Fitur

 

Di bawah ini adalah perbandingan antara keluarga UNO yang berbeda.

 

Perbandingan Fitur

Pertimbangan Daya

 

Tegangan

 

Arduino UNO R4 Minima dan Arduino UNO R4 WiFi beroperasi pada 5 V. Jadi, menyambungkan peripheral 3,3 V secara langsung dapat menimbulkan potensi masalah. Sebagian besar peripheral 3,3 V mengharapkan level logika 3,3 V untuk pengoperasian yang benar. Salah satu metode yang umum adalah menggunakan pemindah level atau pembagi tegangan untuk mengubah sinyal 5 V menjadi 3,3 V.

 

Hal ini hanya berlaku untuk pin sinyal sensor dan jika tujuannya hanya untuk menghubungkan saluran listrik 3,3 V, maka papan UNO R4 masih menyediakan pin 3,3 V yang dapat digunakan dengan aman dengan sensor yang membutuhkan input daya yang lebih rendah.

 

VIN Min/Maks

 

Tegangan pasokan min/maks bervariasi antar papan. Hal ini penting untuk diperhatikan saat memilih sumber baterai, agar Anda tidak melebihi batas yang dapat merusak papan.

 

VIN Min/Maks

Serial Buses

 

Papan UNO R4 memiliki bus serial yang terpasang pada pin berikut :

 

Serial Bus

 

Letak pin ini terletak di pinout masing-masing papan yang ditemukan pada halaman produk Resources Section dari setiap papan.

 

Building Your Shield

 

Di bagian ini, Anda akan menemukan beberapa petunjuk yang berguna untuk menyolder shield Anda sendiri. Di bawah ini adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan :

 

• Papan Arduino UNO

 

• Peralatan penyolderan

 

• Sebuah papan prototype. Kami sangat merekomendasikan menggunakan Arduino Proto Shield Rev3 (Ukuran UNO) karena akan lebih memudahkan Anda. Jika mau, Anda tentu saja dapat menggunakan shield prottype yang umum tetapi Anda harus melakukan beberapa penyolderan tambahan.

 

• Komponen yang ditempatkan pada shield tersebut :


Langkah 1 Pasang Shield Proto

 

Setelah Anda mengumpulkan semua materi, saatnya untuk memulai perakitan. Langkah pertama adalah merakit Proto Shield dan memastikannya tepat di atas UNO. 

 

Proto Shield

Langkah 2 Sirkuit Prototype

 

Sekarang saatnya untuk menempatkan komponen Anda ke shield. Namun sebelum Anda memulai untuk menyolder semuanya ke shield Anda, kami sangat menyarankan untuk membuat prototype dan menguji sirkuit Anda di breadboard, memastikan semuanya berfungsi seperti yang diharapkan. 

Prototyping on a Breadboard

Langkah 3 Komponen Solder

 

Setelah Anda memverifikasi dan memastikan semuanya berfungsi seperti yang Anda inginkan, saatnya untuk menyolder semua komponen pada tempatnya. Setelah selesai, Anda cukup mencolokkan WiFi Arduino UNO R4 Minima, unggah kode Anda dan jika semuanya telah dilakukan dengan benar, maka Anda telah berhasil membuat shield Arduino UNO R4 Minima yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

 

Jika tidak berfungsi seperti yang diharapkan, pastikan semuanya telah disolder dengan benar dan tidak ada yang longgar. Jika Anda memiliki multimeter, gunakankanlah multimeter tersebut untuk memeriksa koneksi.

Langkah 4 Dokumentasikan Pekerjaan Anda

 

Pastikan untuk mendokumentasikan pekerjaan Anda, baik untuk kepentingan Anda sendiri maupun untuk orang lain. Berbagi ide proyek adalah cara terbaik untuk belajar lebih banyak tentang elektronika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar