Jurusan Robotika di Indonesia


Perkembangan teknologi informasi serta otomasi industri sangat pesat. Komputer sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan industri itu sendiri, mau tidak mau dan tidak bisa dihindari akan berintegrasi dengan ilmu-ilmu lain seperti mekanika, elektronika, pemrograman dan lain sebagainya. Munculnya ilmu mekanik dan elektronika dalam berbagai wujud, misalnya alat-alat industri termasuk robot yang kemudian ditambah “kecerdasan buatan” sebagai otaknya, maka muncullah wujud robot yang cerdas. 

Robotika

    Robotika merupakan satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika berkaitan dengan ilmu pengetahuan dalam bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer. Perpaduan mekanik dan elektronik bisa menciptakan robot-robot sederhana yang memiliki banyak manfaat, baik manfaat hiburan atau yang lebih serius untuk membantu berbagai bidang, misalnya bidang industri. Sedangkan mekatronika ditambah unsur komputer khususnya pemrograman sebagai otak buatan, terciptalah robot yang cerdas, dengan berbagai bentuk dan manfaatnya.

Robotika

    Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara pesat membawa dunia tiba di era sekuens revolusi industri 4.0. Hal ini membuat proses industri tidak hanya terbatas pada otomasi berbasis komputer, tetapi mulai beranjak menuju sistem cyber fisik yang kompleks dengan melibatkan Internet of Things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing. Satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang ada jurusan robotika yaitu di Universitas Airlangga program studi S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan.

3 Hukum Robotika

Hukum robotika ditentukan oleh Asimov dan harus dipatuhi oleh semua robot:  

1. Robot tidak boleh membahayakan manusia.  

2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama. 

3. Robot harus melindungi keberadaannya sendiri, asalkan perlindungannya tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Hukum Kedua.

Jurusan di Bidang Robotika

1. Teknik Listrik

    Teknik elektro merupakan salah satu jurusan terbaik yang dimiliki perguruan tinggi untuk membantu mengejar karir di bidang robotika. Kelas teknik kelistrikan meliputi kursus pelatihan umum di bidang pneumatik dan hidrolik, sistem yang dikendalikan secara numerik, sistem terintegrasi, logika dan mikroprosesor. Robotika sangat bergantung pada pengetahuan para insinyur yang berspesialisasi dalam teknik kelistrikan, terutama untuk elektronik, sistem tertanam, teori kontrol, dan pemrograman tingkat rendah. Kursus teknik kelistrikan memberikan informasi tentang robotika dan otomasi sehingga dapat memberikan persiapan yang sesuai untuk calon insinyur robotika.

2. Teknik Mesin

    Teknik mesin adalah cabang teknik lain yang berhubungan dengan aspek teknologi robotika. Insinyur mekanik bekerja untuk merancang, mengembangkan, membangun, menguji sensor dan perangkat mekanis. Di bidang robotika, insinyur mesin akan bertanggung jawab atas susunan fisik robot. Kursus teknik mesin seperti mekanik, teknik material, dan manufaktur sangat penting untuk memahami cara kerja robotika. Selain kursus mekanik, teknik material dan manufaktur, masih banyak kursus teknik mesin yang menawarkan spesialisasi dalam mekatronika atau robotika sehingga memungkinkan siswa untuk fokus pada desain fisik dan aktuasi robot.

3. Ilmu Komputer

    Ilmu komputer merupakan jurusan yang menawarkan pemahaman tentang teknologi komputasi dan kemampuan untuk memahami serta mempelajari masalah yang kompleks dalam teknologi. Teknologi komputasi adalah bagian penting dari robotika. Seorang ilmuwan komputer memahami platform perangkat lunak robotik dan diperlukan untuk meneliti pemrograman tingkat tinggi. Insinyur mekanik dan listrik fokus pada aspek perangkat keras robotika, sedangkan ilmuwan komputer bekerja di sisi pemrograman. Seorang ilmuwan komputer merancang apa yang disebut “otak” robot . Otak menentukan bagaimana robot akan menafsirkan dunia, gerakannya, dan tindakannya. Ilmuwan komputer berurusan dengan perencanaan gerak, visi komputer dan aspek pembelajaran mesin dari pembuatan robot.

4. Matematika

    Pemahaman yang kuat tentang matematika sangat diperlukan untuk memahami komputasi, pemrograman, teknik, dan juga sains. Jurusan matematika dapat melanjutkan karir di bidang ilmu data , analisis data dan pemrograman komputer yang semuanya dapat dimanfaatkan dalam bidang robotika.

5. Desain dan Teknologi

    Pemahaman tentang teknologi dan desain dapat membantu sistem fisik, susunan robot dan memahami perangkat lunak robot serta aspek fisik yang diperlukan agar robot atau mesin bekerja dengan benar.

6. Komputasi dan Pemrograman

    Seorang ahli komputasi dan pemrograman membantu merancang dan mengembangkan teknologi dan pendekatan baru untuk mengimplementasikan teknologi yang ada sehingga dapat meningkatkan dan membuat teori serta model baru. Seorang ahli komputasi dan pemrograman dapat bekerja dengan insinyur listrik dan insinyur perangkat keras komputer untuk merancang program yang akan mengendalikan robot. Mereka dapat mengeksplorasi masalah dalam komputasi dan mengembangkan teori untuk mengatasinya. Teori dan solusi ini dapat membantu memastikan perangkat lunak di dalam robot sedekat mungkin dengan kesempurnaan. Profesional komputasi dan pemrograman bekerja sama dengan ilmuwan dan insinyur untuk mengatasi masalah ini. Mereka juga dapat menemukan bahasa dan alat komputasi baru untuk membantu meningkatkan teknologi seperti kecerdasan buatan dan robot.

Keunggulan Memilih Jurusan Robotika

1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan

2. Menawarkan prospek kerja yang beragam

3. Lebih mudah untuk berkarya

4. Lebih menantang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar