Penerapan Robot di Industri


Kemajuan teknologi yang semakin meningkat membuat industri menerapkan robot sebagai pengganti tenaga manusia. Robot dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan akurat. Penggunaan robot dalam bidang industri dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Perusahaan Universal Robotic mengembangkan sebuah lengan robot yang sangat hebat dengan berbagai kelebihan, sehingga dapat digunakan dalam bidang industri. Lengan robot industri dapat memberikan kemudahan bagi pabrik untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dan mengurangi biaya dengan mengotomatiskan prosedur yang menghasilkan peningkatan keselamatan kerja, mempercepat proses produksi dan meningkatkan produktivitas. Lengan robot ini memiliki kemiripan dengan lengan manusia karena dibungkus dengan material yang berkualitas sehingga sama seperti tangan asli.

Lengan Robot Industri

    Lengan robot tersebut terdiri dari beberapa sendi yang berfungsi sebagai sumbu dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Semakin banyak sendi rotasi yang dimiliki lengan robot, maka akan semakin besar kemampuan manuver yang dimilikinya. Sebagian lengan robot industri menggunakan 4 hingga 6 sambungan yang masing-masing memberikan tingkat sumbu rotasi yang sama untuk setiap gerakan.

Manfaat Lengan Robot

1. Memiliki produktivitas dan efisiensi yang tinggi

    Lengan robot dapat terus beroperasi selama 24 jam penuh tanpa merasa lelah dan membuat pabrik dapat meningkatkan output dengan terus menerus menjalankan produksi, inspeksi dan operasi lainnya.

2. Meningkatkan akurasi

    Lengan robot dapat bekerja lebih konsisten dan mengurangi kesalahan dibandingkan dengan manusia saat melakukan aktivitas yang membutuhkan akurasi atau konsistensi yang luar biasa.

3. Meningkatkan kemampuan beradaptasi dan fleksibiltas

    Lengan robot bisa melakukan suatu hal atau tugas baru dengan cepat dan mudah termasuk untuk mengintegrasikannya dengan berbagai platform dan perangkat lain.

4. Meningkatkan keselamatan

    Manusia tidak bisa melakukan pekerjaan yang memiliki tingkat bahaya tinggi. Sehingga lengan robot berkontribusi pada keselamatan pekerja dengan melakukan tugas di area yang berbahaya dan beresiko tinggi pada manusia.

Aplikasi Lengan Robot

    Salah satu manfaat yang signifikan dari lengan robot industri adalah kemampuan beradaptasi dalam beragam penggunaan. Lengan robot cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan tugas yang paling sederhana dan paling kompleks dengan resiko kecil hingga pengaturan yang paling keras. Aplikasi lengan robot membebaskan pekerja manusia dari potensi bahaya dan memungkinkan robot ini melakukan tugas bernilai tinggi seperti interaksi pelanggan.

Berikut manfaat dari aplikasi lengan robot :

1. Pengelasan

    Pengelasan adalah keterampilan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tingkat tinggi. Namun, jumlah tukang las yang terampil tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan industri. Pengelasan cocok untuk otomatisasi dan lengan robot dengan visi dan pengembangan AI untuk kontrol kualitas inline. Dalam pengaturan industri modern seperti sektor mobil, pengelasan adalah tugas yang dapat dilakukan robot tanpa mengkhawatirkan kekurangan tenaga kerja.

2. Memiliki Fungsi Mengambil dan Meletakkan

    Pick and drop adalah proses berulang dan melelahkan yang menghabiskan banyak tenaga manusia. Tugas ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan presisi untuk menjaga akurasi. Lengan robot sangat berguna untuk tugas yang berulang dan membosankan seperti menempatkan dan memetik. Lengan robot bekerja dengan cepat, konsisten dan melakukan segala hal dengan sangat presisi. Lengan robot memiliki sistem penglihatan yang memungkinkan robot tersebut mengenali objek dengan cepat, efektif, menggenggam dan memindahkanya dari satu area ke area lain serta meningkatkan efektivitas, kecepatan produksi dan distribusi.

3. Membuat Palet

    Membuat palet merupakan operasi berulang bagi manusia. Sangat mudah untuk mengotomatisasi prosedur pemuatan produk ke palet dengan memanfaatkan lengan robot. Pembuatan palet menjadi lebih efisien, hemat biaya dan dapat diandalkan karena otomatisasi proses. Penggunaan lengan robot juga membebaskan pekerja manusia dari beban melakukan pekerjaan yang memiliki potensi bahaya bagi kesehatan manusia.

4. Penanganan Material

    Mempercepat pengiriman barang ke klien, pencegahan kecelakaan kerja dan peningkatan efisiensi secara keseluruhan dapat diotomatiskan melalui operasi penanganan material. Lengan robot digunakan untuk semua operasi penanganan material untuk memastikan penyimpanan yang tepat, aksesibilitas yang mudah dan transportasi yang tepat. Lengan robot dapat memingkatkan kepuasan pelanggan karena pengiriman barang yang cepat, meningkatkan keselamatan dan efisiensi tempat kerja.

5. Inspeksi

    Penggunaan lengan robot dengan AI dan sistem penglihatan menguntungkan industri yang berbeda dengan inspeksi waktu yang nyata. Secara signifikan mengurangi waktu henti, kesalahan dan pemborosan. Hal ini dikarenakan jika menggunakan tenaga manusia, maka untuk mengambil alih tugas inspeksi dapat menunda deteksi masalah kualitas manufaktur.

6. Penyemprotan, Perekatan dan Penyegelan

    Penggunaan lengan robot untuk penyemprotan, perekatan dan penyegelan memiliki keuntungan untuk hasil akhir yaitu hasilnya lebih berkualitas, pengiriman akan konsisten dan lebih cepat serta produksi keseluruhan akan meningkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar